loader

Please Wait ...

Elva Nurrul Prastiwi
| Minggu, 06 Des 2020

Publikasi Kinerja DPR Melalui Berbagai Platform Jadi Tantangan

Putra Nababan mengapresiasi kinerja yang selama ini telah dilakukan Biro Pemberitaan Parlemen, Sekretariat Jenderal DPR RI.
Publikasi Kinerja DPR Melalui Berbagai Platform Jadi Tantangan Anggota DPR RI Putra Nababan saat memberikan materi dalam Rapat Koordinasi Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI di Tangerang, Banten, Jumat (4/12/2020). Foto : Andri/mr

Anggota DPR RI Putra Nababan mengapresiasi kinerja yang selama ini telah dilakukan Biro Pemberitaan Parlemen, Sekretariat Jenderal DPR RI. Namun Putra juga mengingatkan, tantangan terbesar adalah bagaimana agar Biro Pemberitaan Parlemen dapat mempublikasikan kinerja DPR RI dengan baik kepada masyarakat luas dengan berbagai jenis platform yang dimiliki.  Mengingat bahwa masyarakat terdiri dari berbagai lapisan, berbeda latar belakang, tingkat pemahaman dan juga keingintahuan.

“Ini yang menurut saya harus dijawab oleh teman-teman pemberitaan di DPR, dengan memberikan pemberitaan yang cara penyampaiannya bisa beragam sesuai dengan platform masing-masing. Seperti yang kita tahu, kalau kita upload (postingan) di Facebook, tentu beda di Instagram. Kalau kita di Instagram lebih kuat gambarnya, lebih kuat videonya. Tentu bahasanya juga berbeda, begitu juga berbeda kalau kita di Tiktok,” kata Putra usai memberikan materi dalam Rapat Koordinasi Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI di Tangerang, Banten, Jumat (4/12/2020).

Putra melanjutkan, Biro Pemberitaan Parlemen harus bisa beradaptasi dengan lingkungan. Ia mengatakan, membangun hubungan dengan audiens memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Membutuhkan suatu ketekunan agar Biro Pemberitaan Parlemen mengemas begitu banyak karya-karya di DPR yang perlu di publikasikan kepada rakyat. Putra menegaskan, rakyat perlu mengetahui kinerja yang selama ini telah DPR RI lakukan, dengan cara-cara yang lebih kreatif. Putra menilai dibutuhkan ketekunan dalam melakukannya, serta jangan mudah menyerah.

Anggota DPR RI Putra Nababan saat memberikan materi dalam Rapat Koordinasi Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI di Tangerang, Banten, Jumat (4/12/2020). Foto : Andri/mr

“Menurut saya kita harus fokus bagaimana mengubah perspektif masyarakat dalam banyak hal. Produk DPR RI baik di rapat-rapat komisi, baik itu di undang-undang, ataupun di badan-badannya banyak sekali. Itu kinerja DPR RI yang harus dikomunikasikan dengan angle-angle yang mungkin bisa kita kemas sesuai dengan keinginan masyarakat,” tegas politisi PDI-Perjuangan itu.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar menyampaikan bahwa kinerja Biro Pemberitaan Parlemen merupakan bagian penting dalam memberikan informasi mengenai kegiatan dewan. “Kita tentu akan terus mengevaluasi kinerja Biro Pemberitaan, karena ini bagian penting dari bagaimana publik mengetahui kinerja dewan kita. Jadi dari kegiatan ini nantinya kita berharap waktunya ke depan berbagai isu dan pemberitaan dari Dewan itu akan lebih terinformasi lebih masif kepada publik dengan berbagai angle yang lebih menarik dan angle-angle yang mungkin selama ini belum disentuh,” saran Indra.

Sumber: DPR RI

QUOTE
quote
quote
quote
quote
quote