loader

Please Wait ...

Ali Imron Hamid
| Rabu, 23 Sep 2020

Putra Tekankan Perlunya Program Champion Angkat Budaya Olahraga

Putra menekankan pentingnya efektivitas dalam menggunakan Big Data dan Sistem Informasi sehingga berbagai program Menpora memiliki koordinasi, regulasi, dan kemitraan yang lebih efektif. 
Putra Tekankan Perlunya Program Champion Angkat Budaya Olahraga Anggota DPR RI Komisi X dari Fraksi PDI Perjuangan, Putra Nababan, di ruang rapat Komisi X DPR RI, Jakarta. (Foto: gesuri.id/Elva Nurrul Prastiwi)

Jakarta, Gesuri.id - Anggota DPR RI Komisi X, Putra Nababan, berharap kepada pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI agar Alokasi Anggaran Kementerian Tahun 2021 sebesar Rp 2,32 triliun memiliki keberpihakan terhadap berbagai program khususnya di tengah pandemi Covid-19 saat ini, serta juga menelurkan program champion yang sekaligus dapat mengangkat budaya olahraga di Tanah Air.

Untuk itu, Putra menekankan pentingnya efektivitas dalam menggunakan Big Data dan Sistem Informasi sehingga berbagai program Menpora memiliki koordinasi, regulasi, dan kemitraan yang lebih efektif. 

"Saya rasa tidak berlebihan Bang Menpora Zainudin Amali, nanti kalau memang betul betul dari semua program itu di 2021 di tengah dari ekor pandemi ini, kita bisa menelurkan satu program champion, saya justru menyampaikannya champion karena ini kaitannya juga dengan outcome kemenpora terkait budaya olahraga," ujar Politisi PDI Perjuangan itu pada Raker Komisi X DPR RI dengan Kemenpora RI terkait Penyesuaian RKA K/L TA 2021 sesuai hasil pembahasan Banggar DPR RI, Selasa (22/9). 

Tak hanya itu, Putra juga mengingatkan agar Para Deputi di kementerian agar sungguh-sungguh memahami Sistem Informasi dan juga Bid Data yang kemudian dapat dijadikan andalan dalam menciptakan sinergisitas antara pusat dan daerah.

"Saya rasa itu juga yang ada di benak Bang Menteri, saya hanya ingin mengingatkan saja bahwa sistem informasi yang kemarin dipahami oleh para Deputi dan juga big data itu adalah andalan yang bisa digunakan dalam membuat sinergi antara pusat dan daerah dan juga dalam rangka stalting," Putra membeberkan.

Putra melanjutkan, kepada para sekretaris di Kemenpora dan para Deputi, Staf Khusus dan Staf Ahli agar juga betul-betul memahami, mengerti, mengimplementasikan apa yang dimaksud oleh Menpora.

"Sebab efektivitas dan efesiensi dari regulasi, koordinasi dan kemitraan itu hanya bisa dilakukan kalau jajaran Pak Menteri itu bisa melihat 360°, betul Pak Menteri ya, yaitu seperti helikopter view 360°. Saya sangat memahami sekali bahwa Pak Menteri bisa melihat anggaran yang kecil tapi bisa mengefektifkanya," harap Putra.

Hal itu, ungkapnya, dipastikan akan mengefektifkan anggaran dan mengefektifkan banyak hal, dimana, lanjut Putra, dengan anggaran Kemenpora di tahun 2021 yang mencapai Rp2 Triliun banyak hal yang bisa dilakukan jika mengerti dan memahami arah dan bagaimana menggunakan toolsnya.

"Salah satunya yang kita bisa kontribusikan kepada Bang Menteri dari PDI Perjuangan adalah apa yang disampaikan oleh Presiden Jokowi yakni kita harus efektif menggunakan big data dan sistem informasi, saya yakin program Bang Menteri ini koordinasi, regulasi, dan kemitraan akan lebih efektif lagi kalo kita bisa secara efisien dan tepat menggunakan big data dan sistem informasi," ujar Putra menjelaskan.

Lebih lanjut Putra mengatakan perlunya di tahun 2021 mendatang lahir sebuah masterpiece program yang mengatur bagaimana agar anggaran Kemenpora memiliki keberpihakan, jangan hanya sekedar membagi-bagi anggaran atau budget namun tidak ada keberpihakan.

"Bang Menteri saya membayangkan di 2021 dengan semangat yang Bang Menteri sampaikan itu benar-benar lahir sebuah masterpiece, Bang Menteri punya pengalaman yaitu dalam RDP kemarin," ungkapnya.  

Putra menilai tidak berlebihan dan berharap berharap agar ada satu champion meskipun di tengah kesulitan anggaran yang tengah dihadapi saat ini. 

"Bang Menteri, masyarakat ini perlu figur panutan mereka perlu cerita sukses untuk mengantungkan cita-cita mereka setinggi langit dan kata Bung Karno pun kalau jatuh itu diantara para bintang," ujarnya lagi. 

Putra menambahkan Fraksi PDI Perjuangan juga sangat apresiasi semangat antusiasme dari jajaran Kemenpora selama RDP bersama Komisi X dan juga terlihat sekali gemblengan dari Menpora Zainudin Amali kepada jajarannya sehingga mereka juga punya kemampuan untuk memaparkan dan meyakinkan Komisi X DPR RI dengan tetap penuh semangat.

"Saya mau garisbawahi terkait dengan koordinasi, regulasi dan kemitraan, dalam hal ini Bang Menteri, saya menjadi optimis kenapa? karena memang dalam hal ini apa yang Bang Menteri sampaikan adalah sesuatu yang mungkin belum pernah dilaksanakan, dan itu out of the box," ujar Putra.

"Untuk itu atas ijin pak Kaposi dan teman-teman dari perjuangan kami ingin menyampaikan bahwa fraksi PDI Perjuangan menyetujui anggaran Menpora 2021," pungkasnya.

Sumber: Gesuri.id

QUOTE
quote
quote
quote
quote
quote