loader

Please Wait ...

Ali Imron Hamid
| Kamis, 27 Agst 2020

Menteri Diingatkan Bangkitkan Pariwisata Bersama Anak Muda

Putra: Generasi muda sangat adaptif, cara berpikir mereka non linier.
Menteri Diingatkan Bangkitkan Pariwisata Bersama Anak Muda Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Putra Nababan. (Foto: gesuri.id/Elva Nurrul Prastiwi)

Jakarta, Gesuri.id - Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Putra Nababan mengajak Menteri Pariwisata Whisnutama Kusubandio agar membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan menggandeng generasi muda. 

Pasalnya, lanjut Putra, generasi muda adalah kelompok masyarakat yang paling adaptif terhadap kondisi pandemi Covid-19 yang mendunia saat ini. 

Ia mendapatkan generasi muda sangat adaptif dan cukup kreatif menggunakan teknologi, serta yang paling penting dan tidak ketinggalan adalah cara berpikir generasi muda yang tidak linier atau 'non linier thinking'.

"Terus terang saja, saya menemukan ada kearifan, yang sebelumnya jarang kita temukan kearifan pada generasi muda, tapi mereka adaptif, mereka cukup kreatif, menggunakan teknologi dan mereka berpikirnya non linier thinking," ujarnya dalam Rapat Kerja Komisi X DPR RI dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Ekonomi Kreatif RI, Whisnutama Kusubandio, Rabu (26/8).

Untuk itu, Putra optimistis selalu ada jalan keluar dan harapan bagi generasi muda masa depan sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam menerobos kesulitan dan krisis di sektor yang mereka tekuni itu sebagai dampak pandemi Covid-19 yang masih melanda.

"Memang di Jakarta Timur tidak terlalu banyak pariwisatanya, tapi SMK pariwisatanya berjubel dan air matanya juga banyak," ujarnya.

Putra lebih lanjut menceritakan bagaimana ia telah mendatangi belasan SMK Pariwisata guna membesarkan hati mereka. 

"Mereka tanya Pak Putra apakah kami masih relevan atau tidak? ngeri pertanyaan itu, masih relevan nggak? 
karena mereka yang lulus tahun ini mereka bingung kami mencari pekerjaan kemana? yang lulus kelas 2 SMK seperti gamang apa kami pindah ke multimedia?," ungkap Putra. 

Putra juga menekankan pemerintah dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bisa menemukan cara-cara yang realistis dan solutif dalam memberikan harapan kepada generasi muda.

Dalam konteks ini, Putra melanjutkan tentunya dalam rekomendasi panja juga diberikan adanya penggunaan big data dimana dan bagaimana big data itu bisa menemukan suatu solusi yang kreatif, dan juga bisa tepat sasaran.

Selain itu, Putra juga mengajak sekolah-sekolah dan komunitas untuk melibatkan para generasi muda tersebut.

"Jadi saya ingin juga di tingkat kementerian ini yang banyak senior, saya berharap banyak generasi muda utk menelurkan sesuatu yang 'out of the box', itu harapan kami dan yang kami temukan di Jakarta Timur selama reses," pungkasnya. 

Putra menambahkan Komisi X melalui Panja Pemulihan Pariwisata juga telah menghasilkan beberapa rekomendasi, termasuk terkait dukungan anggaran dari Kementerian Keuangan agar sektor Pariwisata bisa pulih kembali.

Dalam Rapat Kerja Komisi X DPR RI dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Ekonomi Kreatif RI, Whisnutama Kusubandio, Rabu (26/8) juga membahas mengenai penyampaian laporan rekomendasi hasil Panja Pemulihan Pariwisata Komisi X DPR RI, pembahasan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat APBN TA 2019, dan lainnya.

Sumber: gesuri.id

QUOTE
quote
quote
quote
quote
quote