Sekilas Tentang Putra Nababan

 

Putra Nababan adalah pendiri idtalent.id, sebuah wadah startup digital yang bertujuan mengatasi krisis talenta di Indonesia, dengan menghubungkan para pekerja dan industri sesuai talenta calon pekerjanya.

 

Sebelumnya Putra lebih dikenal sebagai seorang wartawan senior yang malang melintang di dunia koran, radio, televisi hingga kanal berita online. Karirnya selama 24 tahun sebagai jurnalis telah menorehkan prestasi sebagai pembawa berita terbaik dalam ajang Panasonic Gobel Awards selama empat tahun berturut-turut, hingga menjadi satu-satunya wartawan di Asia Pasifik yang berhasil mewawancarai Presiden Amerika Serikat Barack Obama secara langsung di Gedung Putih.

 

Setelah menuntaskan perjuangannya sebagai pemimpin redaksi di Metro TV, Putra memilih jalur pengabdiannya di dunia politik dengan bergabung sebagai kader PDI Perjuangan.

Sepak Terjang Putra Nababan di PDI Perjuangan

Putra terlibat aktif dalam kegiatan partai sesaat setelah mendapat tugas meliput Ibu Megawati Soekarnoputri selalu Ketua Umum PDI tahun 1995. Kala itu, Putra sebagai wartawan kerap melakukan wawancara eksklusif dengan putri sulung Proklamator RI Bung Karno itu.

 

Meski sudah memiliki kartu tanda anggota PDI Perjuangan sejak 2008, Putra mulai aktif sejak 2017 sebagai tim komunikasi partai atas penugasan Sekjen dan Ketua DPP.

 

Pendidikan Kader Utama PDI Perjuangan November 2017 merupakan kegiatan mandatori pertama yang diikuti Putra dengan baik. Setelah itu, Ia pun mulai terjun langsung sebagai Pengajar di Sekolah Kepala Daerah pada Desember 2017 dan Februari 2018, jelang Pemilukada serentak 2018.

 

Pada bulan Februari 2018, Putra mendirikan JUANG, sebuah wadah digital online untuk menjelaskan tata nilai PDI Perjuangan dengan lebih ringan dan mudah dibaca dan dipahami semua kader, khususnya generasi muda. Kemudian ia juga berhasil mendirikan GESURI.ID sebagai portal berita partai yang telah mewarnai pemberitaan media nasional seputar PDI Perjuangan.

 

Bang Putra terus menorehkan prestasi dengan membangun Cybertroops Partai di 11 Provinsi di Indonesia, hingga mendirikan Sistem Informasi Digital Pemenangan Pemilu untuk PDI Perjuangan.

 

Di sela-sela kesibukannya, Putra juga aktif menjadi Pengajar di Sekolah Manager Tim Kampanye Pilkada, pemberi materi dalam RAKERDASUS DKI Jakarta dan Kalimantan Barat, serta Pemateri dalam Pembekalan Pengurus DPD Jakarta BKO di Pilkada Jawa Barat.

 

Tidak hanya di belakang layar, dalam Pemilukada serentak 27 Juni 2018 lalu, Putra turun langsung sebagai jurkamnas alias Juru Kampanye Nasional di berbagai titik di nusantara.

 

Pada September 2018, Putra telah resmi terpilih dan siap berjuang bersama, sebagai Wakil Direktur Komunikasi Politik, Tim Kampanye Nasional Jokowi – KH Ma’ruf menuju Pemilu Presiden pada 17 April 2019 mendatang.

 

Berbagai prestasi dan partisipasi aktif Putra menunjukkan besarnya komitmen dan semangat untuk berjuang bersama PDI Perjuangan dalam segala aspek. Saat ini Putra tengah melanjutkan perjuangannya sebagai Calon Anggota DPR RI Daerah Pemilihan DKI Jakarta I, Jakarta Timur.